Sabtu, 22 Desember 2012

Rangin . . .


Makanan Tradisional sekarang udah mulai ditinggalkan, sejak menjamurnya banyak Fast Food atau kue-kue ala Luar Negeri yang lebih menggoda mata. 

Tapi, bukan berarti kita melupakan salah satu makanan tradisional asli Jawa Timur yang satu ini kan ? Silahkan liat penampakannya dulu biar ada gambaran :D

Yep, ini adalah Kue Rangin yang berasal dari Jawa Timur. Biasanya, pedagang kue rangin ini tidak berjualan di satu tempat pasti, tetapi berjualan secara berkeliling dengan mengendarai sepeda, di pikul layaknya pedagang kerak telor atau terkadang malah ada yang menggunakan gerobak kecil.

Kue ini terlihat simple, tapi rasanya gurih dan terbuat dari bahan yang masih original tanpa campuran zat-zat kimia yang aneh-aneh. Adonannya pun menggunakan bahan yang sangat sederhana, dan rasa gurihnya berasal dari sari kelapa yang sangat mendominasi.

 

Semakin bertambahnya zaman, kue ini semakin tenggelam dari permukaan. Sudah jarang sekali kue ini terlihat. Cara bikinnya gampang kok, nih Resepnya :

Bahan - bahan:
- Tepung ketan 1/2 kg
- Tepung terigu ¼ kg
- Kelapa muda parut ½ butir 
- Garam ½ sdm
- Air 4.5 gelas

Cara Membuat : 
Campur semua bahan kemudian masukkan ke dalam cetakan (layaknya cetakan kue pukis). Tunggu hingga warna luarnya berwarna kecokelatan, kemudian angkat dari cetakan, sajikan :)

Nb :

Lebih enak dimakan saat kue masih panas, dan suasana lagi hujan , hhihi . Tapi jangan sambil ngegalau loh yaa 

4 komentar:

  1. di tempat saya di cilacap namanya srabi angin.
    ingat masa kecil jadinya. suka banget kue ini.

    BalasHapus
  2. kalo di bandung sih namanya bandros, bentuknya sama, enak banget, cuma yang dagang udah makin jarang, kalo niat mesti nyari ke pasar pasar tradisional dulu

    BalasHapus
  3. Kok mirip wingko ya? terbuat dari bahan kelapa

    BalasHapus
  4. Nice Post Gan....
    Izin Menanam Jagung ya Gan.

    Download Mp3 Terbaru http://promp3.wapka.mobi

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...