Kamis, 12 Agustus 2010

Browse » Home » » PT Sinar Mas, "BIANG KEROK" Kerusakan Lingkungan kita

PT Sinar Mas, "BIANG KEROK" Kerusakan Lingkungan kita

Tau gak kenapa akhir-akhir ini Bumi kita terasa PANAS BANGET ??
Padahal dulu cuacanya gak sepanas ini loh. Mungkin artikel ini bisa sedikit menjawab pertanyaan diatas.


Jakarta – Hasil investigasi terbaru Greenpeace menyatakan, PT Sinar Mas merupakan salah satu perusak terbesar hutan Indonesia. Ekspansi agresif yang dilakukan oleh Sinarmas menyebabkan deforestasi sejumlah lahan gambut serta mengancam habitat orang utan.

“Kita telah menangkap basah Sinarmas menghancurkan hutan alam berharga kita, dan melanggar janji
bahwa mereka akan memperbaiki operasi mereka, sehingga Sinarmas memperhatikan masa depan hutan Indonesia dalam pembukan lahan baru dalam ekspansi bisnisnya,” ujar Bustar Maitar, Juru Kampanye Greenpeace.

Hasil penyelidikan Greenpeace mengungkapkan bahwa perusahaan sinarmas telah terus menerus melanggar hukum dan peraturan kehutanan Indonesia.

"Sebuah perusahaan sinarmas (PT. Agro Lestari Mandiri) telah membuka lahan baru 4.000 hektar di Ketapang, Kalimantan Barat. Dimana dikawasan tersebut terkandung high carbon area atau lahan gambut," jelas Bustar ketika memaparkan hasil temuan Greenpeace, 'pelanggaran yang dilakukan grup sinarmas', di Jakarta, Kamis (29/07).

Menurut Bustar, dengan pembukan lahan baru dapat menyebabkan orang utan kehilangan hutan, mereka pun kehilangan sumber makanan alami dan harus berjuang untuk bertahan hidup.

Selain itu, unit usaha sinarmas seperti PT.Kartika Cipta Prima juga bermasalah, hasilnya menunjukkan bahwa areal perkebunan yang dimiliki oleh Sinarmas (PT.Kartika Cipta Prima) memiliki gambut yang dalam, sedalam sekitar tujuh meter di beberapa tempat dan harus dilindungi menurut hukum Indonesia.

Menurut Bustar, bahwa lahan yang berpotensi memiliki lahan gambut itu tidak boleh ada pembukaan lahan di kedalaman tiga meter.

Menyusul pengungkapan terbaru ini, Greenpeace meminta Sinar Mas untuk secara jujur dan terbuka menyajikan kepada publik detail peta seluruh kepemilikan lahan mereka.

"Agar bisa muncul analisa mengenai daerah mana yang merupakan daerah kritis untuk keanekaragaman hayati dan perlindungan iklim, serta apa yang mereka lakukan di daerah itu," sambung Bustar.

Lebih lanjut Bustar mengatakan, bahwa fokus greenpeace selama ini adalah kepada kerusakaan alam lingkungan atau deforestasi hutan diseluruh dunia, selama ini hasil pantauan greenpeace dilapangan dalam setiap pembukaan lahan baru sinarmas mengabaikan hasil pantauan dari Analisis Dampak Lingkungan. 

source http://erabaru.net/iptek/80-bumi-lingkungan/15964-sinar-mas-donatur-terbesar-kerusakan-lingkungan


Kalo gini jadinya, harus segera ditindak lanjuti mestinya. Masa cuma gara-gara keuntungan mereka tapi malah merugikan Bumi kita. Dimana rasa terimakasih mereka pada Bumi yang selama ini telah menjadi tempat mereka berpijak. Ya gak ??

5 komentar:

  1. Iya ya... pantes aja ternyata kerusakan ditimbulkan oleh tangan tangan manusia itu sendiri.sehingga Alam mulai enggan bersahabat dengan kita (kt.Ebiet)

    BalasHapus
  2. yap bener banget,,
    jadi sebenernya kita juga harus sadar sama ap yang telah kita perbuat di bumi ini,
    karena kesalahan kecil pun bisa turut membantu kerusakan bumi kita,,

    semoga bumi kita bisa pulih kembali dan manusia semakin sadar, :)

    BalasHapus
  3. sayang bumi kita, mereka tak memikirkan anak cucu mereka.....

    BalasHapus
  4. setuju,,, tpi smua hasil yg kita gunakan jga berasal dri hal2 di perusahaan tsb. jika perusahaan tsb ditiadakan justru hal ini menimbulkan polemik yg bertambah untuk negri ini, yaitu banyak pengangguran berserakan pastinya,,
    jadi tuntutan tdk hnya kpd perusahaan melainkan kebijakan pemerintah untuk menanggapi hal tsb,,,

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Cute Onion Club - Onion Head Cute Onion Club - Onion Head Cute Onion Club - Onion Head