Senin, 16 Agustus 2010

INDONESIA berpengaruh bagi SINGAPURA !!!

Setelah membaca judul diatas mungkin kita hanya mengernyitkan dahi, dan membatin "Berpengaruh ??" Mungkin hal itu yang akan menjadi petanyaan dalam benak agan-agan sekalian. Tapi tak dapat dipungkiri lagi, itulah kenyataannya. Kenapa ??? Yuk mari kita telusuri.





Pasti sudah tidak asing lagi dengan Negara Singapura, Negara yang mempunyai icon Patung Singa atau sering disebut "Patung Merlion". Tapi tau gak siapa Presiden Pertama Republik Singapura ???

Hal yang paling mengejutkan ketika pertama kali saya membaca artikel tentang siapa Presiden Pertama Republik Singapura dan siapa Pencipta Lagu Kebangsaan Republik Singapura. Ternyata mereka adalah orang "INDONESIA".I-Luv_indonesia

Mau tahu ? check this out, bersulang

Encik Yusof bin Ishak atau yang biasa dikenal Yusuf Ishak, dialah Presiden Pertama Republik Singapura. Lahir di Padang Gajah, Trong, Perak. Ayahnya keturunan Minangkabau yang berasal dari Sumatera Barat dan Ibunya berasal dari Langkat. Mereka berhijrah ke Pulau Pinang dan kemudian ke Perak, Malaysia.

Pada 3 Desember 1959, Yusof bin Ishak dilantik sebagai Kepala Negara Singapura. Beliau merupakan warga negara Indonesia yang pertama kali memegang jabatan tersebut. Pada 9 Agustus 1965, ketika Singapura keluar dari Federasi Malaysia dan merdeka. Status beliau berubah menjadi Presiden Negara Singapura hingga tahun 1970, ketika beliau meninggal.

Wajah Yusof juga diabadikan pada pecahan uang kertas Singapura. Nih dia gmbarnya :)



Belum cukup disini kepuasan ane tentang orang Indonesia yang dapat mengharumkan Negara Lain. Ternyata masih ada seorang lagi, dia adalah pencipta lagu kebangsaan Singapura. Wew, membuat ane semakin I-Luv_indonesiaI-Luv_indonesia.


Mari kita lihat profil beliau.

Zubir Said, itulah nama pencipta Lagu Kebangsaan Singapura "Majulah Singapura". Salah satu lagunya di buat untuk film Dang Anom, bahkan berhasil memenangi penghargaan Festival Film Asia ke-9 di Seoul, Korea Selatan pada th 1962. woow, hebat kan ....

Beliau lahir di Bukit Tinggi (Sumatera Barat) pada th 1907. Beliau juga merupakan putra asli anak bangsa yang berasal dari Minangkabau.

Mereka adalah sebagian kecil dari orang Indonesia yang 'seharusnya' membuat kita BANGGA.

3 komentar:

  1. Indonesia berpengaruh bagi Singapura juga karena Indonesia menjadi negara asal terbanyak wisatawan yang berkunjung ke negeri singa itu..

    BalasHapus
  2. Baru tau juga ane,
    Sist kalo bisa di update lagi, biar lebih cinta indonesia nich...
    :D

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...