Sabtu, 07 Agustus 2010

Holi Festival


Holi, atau Holli, biasa disebut dengan "The Festival of Colors", adalah Festival di Musim Semi yang biasa dirayakan oleh Hindus, Buddhists, Sikhs, dsb. Festival ini pertama kali dijalankan di India, Nepal, Srilanka dan beberapa negara dengan Populasi Indic Diaspora yang besar, seperti Surname, Guyana, South Africa, Trinidad, UK, USA, Mauritius dan Fiji.


Braj adalah daerah yang paling sering merayakan Holi, karena Braj adalah tempat yang terhubung dengan "The God Khrisna : Mathura, Vrindavan, Nandagaon, dan Barsana". Tempat ini telah menjadi tujuan para turis sebelum Festival musiman ini,mereka berada disini hingga 16 hari.


Di hari H-nya, Holi, juga dikenal sebagai "Dhuli Vandana di Sanskrit", juga Dhulheti, Dhulandi atau Dhulendi, adalah perayaan dimana semua orang saling melempar bedak berwarna dan air yang berwarna. Api besar akan terlihat satu hari sebelumnya, juga dikenal dengan "Holika Dahan (burning of Holika)" atau "Chhoti oli (little Holi)"


Ini kisahnya "The Bonfires". Ma'ab masih belum bernani nerjemahin, takutnya salah arti, hhe . ^^v

The bonfires are lit in memory of the miraculous escape that young Prahlad accomplished when Demoness Holika, sister of Hiranyakashipu, carried him into the fire. Holika was burnt but Prahlad, a staunch devotee of god Vishnu, escaped without any injuries due to his unshakable devotion. Holika Dahan is referred to as Kama Dahanam in South India.



Di tahun 2009 kemarin, Holi (Dhulandi) jatuh pada tgl 11 Maret dan Holika Dahan tgl 10 Maret. Di tahun 2010 ini, Holi jatuh pada tgl 1 Maret dan Holika Dahan tgl 28 Februari


Rangapanchami occurs a few days later on a Panchami (fifth day of the full moon), marking the end of festivities involving colours.






Untuk videonya bisa lihat disini,,



Untuk lebih informasi lengkapnya bisi klik disini, ^^

4 komentar:

  1. seruuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu !!! ^^

    BalasHapus
  2. iya, :) .
    tapi belepotan semua ntar badannya, hhe

    BalasHapus
  3. wahhh seru jg tuh acaranya biarpun blepotan wakwakwa

    BalasHapus
  4. hhehe
    tapi mending gini kan, daripada di Indonesia kerjanya rusuh mulu, wkwkwk

    ~~ I LOVE INDONESIA ~~ hhehe

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...