Jumat, 30 Juli 2010

Browse » Home » » BAHAYANYA Sampah Elektronik !!!! - Lanjutan

BAHAYANYA Sampah Elektronik !!!! - Lanjutan

Di Postingan sebelumnya aku menjelaskan tentang banyaknya racun yang telah beredar di daerah pembuangan sampah elektronik ini. Nah, sekarang kita akan membahas bagaimana dampaknya dengan tubuh kita dan juga dengan LINGKUNGAN kita,,,, !!!!

Simak ya ..... :)


Sampah-sampa elektronik sangat berbahaya dan sulit untuk diolah, kenapa ??
Karena mereka mengandung berbagai macam racun. Namanya juga sampah teknologi tinggi, jadi ya.. pengolahannya juga membutuhkan teknologi yang juga gak kalah tinggi.


DAMPAK PADA MANUSIA

Pada saat kita membakar kabel untuk mendapatkan isi tembaganya. Ternyata terdapat Racun-racun seperti Dioksin, Kadmium dan Karsinogen.

Apa itu Dioksin, Kadmium dan Karsinogen ??

Dioksin adalah nama kelompok senyawa kimia yang bersifat super-toxiz yang jenisnya ratusan. (Prof. FG. Winarno)

Bahaya Dioksin :
- The International Agency for Research on Cancer (IARC) pada 14 Februari 1997, menyatakan Dioksin sebagai zat Karsinogen (penyebab kanker)  :(
- The U.S. National Toxicology Program pd Januari 2001 mengkategorikan dioksin sebagai penyebab "most recent 11th Report on Carcinogens"
- Prof FG Winanrno menyatakan,
"Dioksin mampu mengacaukan sistem biologis hormon dengan cara bergabung dengan kaseptor hormon, sehingga dapat merubah fungsi dan mekanisme genetis dari sel yang mengakibatkan pengaruh lain dari timbulnya kanker, misal Kanker Payudara, dapat menurunkan daya kekebalan tubuh serta kekacauan sistem urat saraf, keguguran kandungan dan terjadi cacat kelahiran".

Itu baru Dioksin belum racun-racun yang lain. :(

"Kadmium", merupakan salah satu jenis logam berat yang berbahaya karena elemen ini beresiko tinggi terhadap Pembuluh Darah. Kadmium berpengaruh terhadap manusia dalam jangka waktu panjang dan dapat terakumulasi pada tubuh khususnya "HATI" dan "GINJAL".

Keracunan yang disebabkan oleh kadmium dapat bersifat akut dan keracunan Kronis. Logam ini terserap oleh tubuh manusia dan akan menggumpal di dalam Ginjal, hati dan sebagian dibuang keluar melalui saluran pencemaran. Keracunan Kadmium dapat mempengaruhi otot polos pembuluh darah, akibatnya Tekanan darah menjadi tinggi dan kemudian bisa menyebabkan terjadinya "Gagal Jantung" dan "Kerusakan Ginjal".

Selanjutnya Karsinogen, adalah zat yang menyebabkan penyakit kanker. Zat-zat Karsinogen dapat menyebabkan kanker dan mengubah asam deoksiribonukleat (DNA) dalam sel-sel tubuh, dan hal ini tentunya dapat menggangu proses Biologis. (Wikipedia)


weitz, gak cuma itu aja loh. Aku menemukan beberapa artikel yang bilang kalau racun dari hasil pembakaran sampah elektronik ini ternyata dapat berpengaruh terhadapat penurunan IQ yang kita miliki. Aduh, kasian banget ya . Udah negaranya miskin, masih juga terancam beberapa penyakit berbahaya serta penurunan IQ mereka. :'(

Kenapa bisa berpengaruh terhadap IQ ??

menurut DechaCare.com
Ketika sampah yang mengandung lofam berat ini dibakar, menimbulkan polusi udara (pencemaran timbal) yang sangat berbahaya. Apa itu timbal ?? Timbal adalah Neurotoksin (Racun Penyerang Saraf) yang bersifat Akumulatif dan dapat merusak pertumbuhan otak. Penyerapan timbal kedalam darah manusia terutama melalui saluran pencernaan dan sauran napas. Sejak lama, timbal dituding sebagai penyebab turunnya angka Intellectual Quotient (IQ).

Dari sebuah riset yang telah dilakukan Puji Lestari, staff pengajar dan peneliti jurusan Teknik Lingkungan ITB Bandung, menunjukkan adanya hubungan invers (terbalik) antara kandungan Timbal terhadap angka IQ. Semakin tingginya kadar timbal dalam darah kita, maka semakin rendah pula poin IQ kita. waduuuuuhh,, serem yah .. :(

DAMPAK PADA LINGKUNGAN

Menurut digilib-ampl.net,,

Produsen alat Elektronik mestinya ikut berperan serta memproduksi produk ramah lingkungan dan mampu menjalankan program daur ulang produk yang telah mereka hasilkan. Contohnya, Nokia, prosuden telepon seluler terbesar di dunia yang mempunyai program ponsel daur ulang secara sukarela yang telah dimulai pada th 1997 di Swedia dan Inggris. Dan sekarang Nokia telah memiliki lebih dari 5000 titik penempatan boks daur ulang ponsel dan aksesori di 85 Negara, termasuk Indonesia. :D

Hasil survey secara global pada para konsumen yang dilakukan Nokia menunjukkan, 3 dari 4 orang tidak terpikir untuk mendaur ulang ponsel bekas mereka. Hanya 3% dari mereka yang mendaur ulang ponsel mereka. "Bahkan mereka TIDAK TAHU kalau telepon seluler dan aksesori bekas itu bisa didaur ulang," kata Francis Cheong, Manajer Regional Nokia Bidang Market Environmental Affairs, SEAP.

Padahal nih, daur ulang ponsel bekas SANGAT berdampak positif terhadap LINGKUNGAN. Kenapa ?? Karena sebuah ponsel bekas yang telah didaur ulang dapat MENGURANGI Emisi Gas Karbondioksida sebanyak 12.585 kg. www.epa.gov, menyebutkan 2 juta ponsel yang didaur ulang dapat mengurangi dampak Emisi Gas Rumah Kaca yang setara dengan Polusi dari 1.368 kendaraan bermotor selama 1th.

Jika saja 3 milyar jiwa yang memiliki ponsel di dunia ini, masing-masing mau mendaur ulang satu ponsel saja maka kita juga turut membantu mengurangi bahan baku 240.000 ton. Manfaat lainnya, dapat mengurangi Gas Rumah Kaca yang setara dengan Polusi pada 4 juta Kendaraan Bermotor.

"Gerakan daur ulang sampah elektronik secara Global dimulai dari kesadaran diri dan partisipasi yang menghasilkan kontribusi signifikan dalam melestarikan lingkungan berkelanjutan," kata Francis.

Gimana ?? sudah tau kan gimana nasib bumi kita sekarang ? Semua yang kita lakukan seolah serba salah, tapi ya gimana lagi saat ini memang kita sedang mengalami masa-masa genting. Jadi kita hanya bisa koreksi diri kita sendiri, apa yang kita lakukan selama ini (bergonta-ganti hp/brg elektro lain) tidak akan merusak Bumi kita ?? Apabila agan sekalian berfikir seperti itu, maka anda akan SALAH BESAR. Justru itu yang juga turut membuat Bumi kita menjadi sedih, :'(

LET's GO GREEN mulai dari dirimu sendiri,, ^^

CIntai bumi ini selayaknya kau mencintai dirimu, :)

2 komentar:

  1. nice artikel..save the earth!....Cintai alam sepenuh hati agar bumi bernafas kembali...lanjutkan artikel ttg alam dan bumi ya...hehehe...thx u...

    BalasHapus
  2. ok ok ,
    makasih ya dukungannya :D

    ane usahain bakal nglnjutin artikel ttg alam dan bumi kita ini,

    Cinta bumi, cinta indonesia. :)

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Cute Onion Club - Onion Head Cute Onion Club - Onion Head Cute Onion Club - Onion Head