Jumat, 04 Juni 2010

Browse » Home » » Terobosan OS terbaru GOOGLE CHROME OS

Terobosan OS terbaru GOOGLE CHROME OS

Gambar Tampilan Google Chrome OS

Semakin majunya jaman semakin membuat kita kecanduan Internet dan semakin tingginya minat pengguna Internet di dunia. Tak sedikit pula dari mereka yang menggunakan aplikasi web browser dari Perusahaan Google, yaitu “Google Chrome” yang diluncurkan pada September 2008 lalu. Kenapa pilih Google Chrome Browser ?? Karena walaupun tampilannya tergolong minimalis, tetapi proses loading saat membuka halama web terasa lebih cepat disbanding dengan browser Internet lainnya.

Tapi ternyata dengan Aplikasi yang telah berhasil menarik pengguna Internet, pihak Google masih belum puas. Terbukti dengan diluncurkannya “Google Chrome OS” pada tanggal 5 Oktober 2009 lalu. Dan sekarang Google telah meluncurkan Google Chrome OS yang asli, meskipun masih dalam tahap beta. Tujuan utama Chrome OS adalah kecepatan, kesederhanaan dan keamanan, tak jauh beda dengan tujuan Google Chrome Browser.

Sebelumnya Google telah membuat sebuah aplikasi web browser, yatiu Google Chrome. Para pengguna Google Chrome browser sering berpendapat Google Chrome OS itu minimalis tetapi mempunyai kecepatan yang tinggi. Tetapi pihak Google masih belum merasa puas.

Maka dari itu, Perusahaan Google menciptakan “Google Chrome OS” yang merupakan tindak lanjut dari Google Chrome Browse dimana Sistem Operasi ini murni Web Based. Maksud dari Google dalam membuat Google Chrome OS tak lebih sengaja untuk menggeser popularitas dari Sistem Operasi buatan Windows. Banyak orang yang telah melirik Google Chrome OS ini, karena pihak Google memberikan Sistem Operasi ini secara Cuma-Cuma alias Gratis.

Sebelumnya Google telah membuat sebuah aplikasi web browser, yatiu Google Chrome. Para pengguna Google Chrome browser sering berpendapat Google Chrome OS itu minimalis tetapi mempunyai kecepatan yang tinggi. Tetapi pihak Google masih belum merasa puas.

Maka dari itu, Perusahaan Google menciptakan “Google Chrome OS” yang merupakan tindak lanjut dari Google Chrome Browse dimana Sistem Operasi ini murni Web Based. Maksud dari Google dalam membuat Google Chrome OS tak lebih sengaja untuk menggeser popularitas dari Sistem Operasi buatan Windows. Banyak orang yang telah melirik Google Chrome OS ini, karena pihak Google memberikan Sistem Operasi ini secara Cuma-Cuma alias Gratis.


Ada beberapa hal yang perlu diketahui,
bila ingin mengubah Sistem Operasi dengan Chrome OS.


1. Belum diluncurkan secara resmi
Saat ini Google hanya memberikannya dalam bentuk Open Source Development project , silahkan dibaca langsung detailnya tentang rilisnya Chromium OS open Source Project.

Ini berarti para developer maupun partner third-party (termasuk perusahaan hardware) dapat mendownload, meng-compile dan menginstall code. yang terpenting, mereka juga dapat merubah dan memperbaikinya karena Sistem Operasi ini bersifat Open Source. Sehingga, bisa saja dengan semua perubahan tersebut, kemudian digabungkan menjadi satu dan dipoles agar terlihat leih sempurna dan akan segera diluncurkan pada akhir tahun depan. Dan kita hanya bisa menunggu saat itu tiba.

Untuk anda yang sudah tidak sabar untuk segera melihat sosok Google Chrome OS, dibawah ini telah tersedia link download Google Chrome OS secara Free/Gratis

Download Chrome OS

Download Chrome OS Beta


Untuk anda yang ingin boot komputer secara langsung dengan Chrome OS, anda bisa Install Google Chrome OS pada USB Flash Drive.
Download Chrome OS Diet USB Version


2. Berbasis Web

Tidak ada aplikasi Desktop dalam Sistem Operasi ini. Para ekekutif Google menegaskan hal ini dengan menambahkan, aplikasi third-party yang sejauh ini beebentuk aplikasi web. Mungkin membuat kita murung pada pengguna yang gemar mengoleksi CD, karena mungkin tidak akan berjalan di Chrome OS.

Bila memiliki Aplikasi Gambar (Jpeg,Jpg,bmp,dsb) atau Scrapbooking, mungkin akan terbuang bila anda berencana menggunakan Chrome OS. Umumnya, anda mendownload dan menginstall sesuatu pada desktop dan tidak terbiasa mengerjakan semua pekerjaan yang berbasis web browser, foto-foto anda tersimpan di hardisk. Beda cerita bila menggunakan Chrome OS, anda akan menyimpan foto di Google, antara lain Yahoo Flickr.


3. Google Chrome OS selalu Up to Date

Bila kita menggunakan Windows, Microsoft merekomendasikan penggunanya untuk mengaktifkan Windows Updat, tapi tak semua pengguna melakukan ini. Di Chrome OS, tak ada pilihan bila anda menjalankan Google Chrome Browser, ia segera mengumpulkan versi terbaru dan mengupdate sacara langsung dengan baik.


4. Data anda tersimpan secara Online
Google Chrome tidak akan menyimpan semua data milik anda secara lokal. Selama anda onlone, Chrome akan terus menerus menyimpan cache data dan setting anda secara online. Semua informasi tersebut, sudah terenkripsi dengan sendirinya. 

Keuntungannya, Bila PC atau Laptop anda hilang atau dicuri, atau anda ingin upgrade, maka anda tidak perlu backup dan migrasi apapun. Semua akan ada setelah anda mensinkronisasi ke PC atau Laptop baru anda.


5. Tidak ada hard drive
Chrome OS tidak akan berjalan menggunakan hard drive. Para Eksekutif Google menyatakan mereka akan bekerja sama dengan OEM untuk menciptakan referensi design utama untuk mesin Google Chrome. Bagian dari itu adalah flash atau solid state media. Keuntungan utamanya ialah Speed.

Selama demonstrasi kode awal Google, menunjukan untuk Login dibutuhkan waktu 7 detik dan menjalankan aplikasi dengan tambahan hanya 3 detik saja.

6. Tidak compatible pada semua PC
Pihak Google mentargetkan jenis komputer yang sangat spesifik. Faktanya , meskipun Google menunjukkan dukungan pada semua jenis Netbook di dunia, tetapi pilihan hanya bagi yang peduli dan membantu orang untuk menggunakan Sistem Operasi yang lebih ringan. Chrome OS menggunakan Linux sebagai dasarnya dan merupakan turunan dari Distro OpenSuse.

Saat ini versi beta Google Chrome OS adalah 0.4.220. Fitur-fitur dalam Chrome OS adalah :
1. GNOME 2.24 (Desktop Environment)
2. Google Chrome 4.0.220 (Web Browser)
3. OpenOffice.org.3.0 (Office Suite
4. GIMP 2.6 (Image Editor)
5. Flash Player 10.0 (plugin), dsb.

Untuk System Requirement Chrome OS adalah :
1. Processor (Intel Pentium, Xeon atau Newer, AMD Duron, Athlon, Sempron, Opteron atau Newer),
2. RAM (Min 256 MB),
3. Harddisk(Min 1 GB),
4. Graphics Card (Support kebanyakan modern graphics cards).

Para Eksekutif Google juga berkata, mereka ingin melihat netbook dengan 100% keyboard dan layar yang lebih besar. Mereka juga ingin focus pada koneksi 802.11n, Google percaya Sistem Operasi ini akan berjalan lebih bagus pada desktop dan laptop, tapi tidak di tahun 2010. Jadi, untuk PC atau Laptop yang belum memenuhi Requirement diatas, Mohon Ma’af masih belum bisa untuk menginstall Chrome OS, :(

7. Chrome OS tidak akan bekerja pada saat offline
Pihak Google juga serius ketika mengatakan bahwa Sistem Operasinya akan dijalankan dalam lingkungan Online. Meski dalam event tiap hari, mereka belum memberikan janji yang pasti mengenai “Kemampuan untuk tampil secara Offline” dan untuk mendukung beberapa media penyimpanan Offline.


Gimana ?? Mau ganti Sistem Operasi dengan Chrome OS ??
Silahkan coba ….. :)


Berbagai Sumber

2 komentar:

  1. berarti bisa dual boot dund mbak cha?
    itu instalan apa portable?

    BalasHapus
  2. hu'um ...
    eo instalan a ..
    ada tuh di atas dunludna .. ^^
    tapi masih kaya web gitu tampilannya ,,,
    liat aja screen shot'y

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Cute Onion Club - Onion Head Cute Onion Club - Onion Head Cute Onion Club - Onion Head