Selasa, 01 September 2009

Browse » Home » » Virus jadi tambah ganaZ,,

Virus jadi tambah ganaZ,,

MOSKOW - Jenis virus yang terdeteksi pada Desember menjadi semakin sedikit. Namun, virus-virus yang terdeteksi menimbulkan ancaman lebih besar. Produsen antivirus Rusia Kaspersky Lab memperingatkan para pengguna komputer agar lebih berhati-hati pada 2009. Sebab, virus-virus baru mulai bermunculan pada Desember 2008 dan virus-virus itu pun memiliki level keganasan tinggi.


Kaspersky menjelaskan, virus-virus yang muncul pada Desember dan langsung menunjukkan keganasannya adalah :
Trojan.HTML.Agent.ai, Worm.Win32.AutoIt.ar, Trojan-Downloader.JS.-Agent.czm, Trojan-Downloader. WMA.GetCodec.r, Trojan-Downloader.HTML.Agent.ml, dan Worm.Win32.Fujack.cf.

Virus-virus baru itu berhasil dideteksi produk-produk antivirus Kaspersky versi 2009. Di antara virus-virus tersebut, virus paling ganas adalah Trojan.HTML.Agent.ai. Pertama kali muncul pada Desember, pada bulan itu pula virus tersebut dinobatkan sebagai
virus paling ganas peringkat kelima.

Adapun virus baru paling ganas kedua adalah Worm.Win32.AutoIt.ar. Pada Desember, virus tersebut dinobatkan sebagai virus paling ganas peringkat kesepuluh. Sementara virus baru paling ganas ketiga adalah Trojan-Downloader.JS.Agent.czm, yang menduduki peringkat ke-13.

Kaspersky adalah produsen antivirus yang aktif memperingatkan tingkat keganasan virus pada setiap bulan. Pada Desember, virus yang menduduki peringkat pertama dalam daftar 20 virus paling ganas adalah Virus.Win32.Sality.aa. Virus.Win32.Sality.aa adalah virus lama. Virus tersebut sudah menduduki peringkat pertama daftar 20 virus paling ganas sejak November 2008.

Predikat virus paling ganas kedua pada Desember juga dipegang virus lama, yaitu Packed.Win32.Krap.b. Pada Desember, peringkat dalam daftar 20 virus paling ganas versi Kaspersky memang tidak banyak berubah. Namun, Kaspersky memperingatkan, tingkat keganasan virus-virus baru meningkat cepat mendekati virus-virus lama.

Sebagai contoh adalah Worm.Win32.Mabezat.b dan Worm.Win32.AutoRun.eee. Kedua virus itu baru muncul pada November 2008. Saat pertama muncul, kedua virus itu langsung masuk ke dalam daftar 20 virus paling ganas. Pada Desember, tingkat infeksi kedua virus itu ternyata mengalami peningkatan. Terbukti, pada Desember peringkat kedua virus itu masing-masing naik tiga level. Pada November,Worm.Win32.Mabezat.b masih menduduki peringkat ke-14. Namun pada Desember, peringkat Worm.Win32.Mabezat.b melonjak ke posisi sebelas.

Pada November pula, Worm.Win32.AutoRun.eee muncul dan menduduki peringkat ke-15. Pada Desember, tingkat infeksi virus tersebut naik ke peringkat ke-12. Ini adalah bukti bahwa virus-virus baru menimbulkan ancaman lebih besar daripada virus lama. Kaspersky menilai,Worm.Win32.Mabezat.b dan Worm. Win32.AutoRun.eee memiliki tingkat keganasan tinggi karena kedua virus tersebut memiliki metode penyebaran efektif dalam jaringan komputer, terutama komputasi bergerak.

Di samping mampu menyebar melalui file yang dibagi-bagi dalam jaringan, kedua virus itu juga mampu otomatis menginfeksi file. Infeksi terjadi apabila pengguna komputer tidak memiliki sistem pertahanan (antivirus) yang tangguh. Kaspersky menambahkan, virus lain yang tidak kalah mencemaskan adalah Virus.Win32.Alman.b.

Pada November, virus itu masih menduduki peringkat ke-17. Namun, pada Desember peringkat virus itu melonjak sepuluh level menjadi peringkat ketujuh. Kaspersky menegaskan, lonjakan peringkat Virus.Win32.Alman.b adalah fenomena memprihatinkan.

Sebab, virus itu sangat berbahaya. Kaspersky menjelaskan, Virus.Win32.Alman.b adalah virus yang mampu mencuri password. Dalam penuturan Kaspersky, sebagian besar virus yang baru muncul dibuat dengan bahasa pemrograman AutoIt. Banyak virus dibuat dengan bahasa pemrograman tersebut karena bahasa pemrograman itu relatif lebih mudah dikuasai.

Kaspersky memperingatkan, pengguna komputer, terutama yang terhubung ke internet, harus semakin meningkatkan kewaspadaan karena virus-virus terbaru dapat menginfeksi dan menyebar dengan menunggangi lebih banyak jenis file. Salah satu contoh adalah Trojan-Downloader.WMA.GetCodec.r.

Pada Desember, virus itu menduduki peringkat paling ganas ke-20. Namun, ancaman virus itu diperkirakan meningkat karena virus tersebut dapat menginfeksi dan menyebar melalui file multimedia. Kaspersky menjelaskan, Trojan-Downloader.WMA.GetCodec.r menjadi ancaman besar bagi para pengguna jaringan peer-to-peer (P2P) seperti Gnutella. Sebab, virus Trojan-Downloader.WMA.GetCodec.r mampu menyamar sebagai fileMP3.

Pengguna yang tidak waspada tentu tergoda mendownload file tersebut karena beranggapan file itu berisi musik digital. Namun setelah didownload, file itu segera menginfeksi komputer pengguna dan dapat pula menyebar ke komputer-komputer lain. Di sepanjang Desember, Kaspersky mampu mendeteksi 38.190 jenis virus. Angka tersebut turun 7.500 jenis dari 45.690 jenis virus yang dideteksi Kaspersky pada November.

Secara kuantitas, jenis virus memang turun. Namun secara kualitas, virus-virus itu membawa ancaman lebih besar karena lebih sukar dideteksi pengguna komputer karena virus-virus itu semakin lihai menyamarkan diri. Ini adalah penegasan bahwa pengguna komputer memerlukan antivirus andal untuk mencegah infeksi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Cute Onion Club - Onion Head Cute Onion Club - Onion Head Cute Onion Club - Onion Head